Branding Konsep dan Studi Merek Lokal

Mayasari, Iin and Wijanarko, Adrian Azhar and Risza, Handi and Kurniaty, Dewi and Apriyana, Nurliya and Wiadi, Iyus and Chadijah, Chadijah Branding Konsep dan Studi Merek Lokal. Universitas Paramadina.

[img] Text
Buku Branding Konsep dan Studi Merek Lokal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Buku Branding ini merupakan buku yang ditulis bersama dengan tim dosen dan mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memperluas wawasan mengenai konsep utama branding dan penerapan strateginya. Dalam memahami konsep branding, penulisan buku ini mengacu pada buku Strategic Brand Management dari Kevin Lane Keller. Uraian konsep branding ditulis dengan poin-poin sederhana agar mudah dipahami bagi mahasiswa yang baru mempelajari branding. Branding merupakan mata kuliah baru di Program Studi Manajemen dalam Kurikulum 2018. Dengan demikian, buku ini bisa menjadi acuan singkat untuk memberikan materi pengajaran Branding. Konsep-konsep branding dijelaskan berdasarkan siklus merek sejalan dengan perjalanan produk. Pembahasan dimulai dari 1) pemahaman merek dan kriteria merek kuat; 2) konsep membangun strategi merek yang terdiri atas pemahaman konsep customer based brand equity, resonansi merek; 3) desain dan pelaksanaan program pemasaran merek yang meliputi pilihan merek, elemen merek, mengintegrasikan komunikasi pemasaran, konsep leveraging secondary brand associations; 4) mengukur kinerja merek yang meliputi pengukuran brand equity dan pengukuran sumber brand equity; 5) menumbuhkan dan mengembangkan brand equity yang meliputi brand architecture, penamaan merek, perluasan merek, pengelolaan merek dari waktu ke waktu, dan pengelolaan merek secara global. Penulisan konsep buku ini juga disertai merek-merek lokal yang memiliki brand equity. Pembahasan merek lokal ini terinspirasi dari pembahasan merek lokal yang dilakukan dengan sangat baik di kelas Branding Program Studi Manajemen. Mahasiswa dengan sangat baik menjelaskan keunggulan brand equity merek-merek lokal yang bisa menjadikan perusahaan memiliki kinerja yang baik sepanjang kurun waktu tertentu. Pada kesempatan kali ini, kami mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang sudah memberi inspirasi di kelas yaitu Achmad Basyir Rizky, Nunky Widyastuti, Anindya Fitriyani, Nabilla, Devi Dian Rismawati, Rifa Andrian Rosalina, Firginia Rahmawati, Nur Hidayah, Andry Febriansyah, Muhammad Albiaggi Dhiasienna, Ritzka Yauma Putri Driarkoro, Royandika Hadiyansah, Salsabiila Baharizky Naedi, Yonas Audi, Rico Eldiansyah Putra dan Muhammad Raju. Akhir kata, buku Branding ini jauh dari sempurna. Kami sebagai penulis akan menerima masukan untuk penyempurnaan penulisan. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Paramadina yang selalu memberikan kesempatan kepada dosen untuk bereksplorasi dan keluarga tercinta.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Mr Sudarmawan Sudarmawan
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:40
Last Modified: 02 Feb 2022 02:40
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item