Lokalisasi dan Adaptasi: Membedah Rencana Ratifikasi Konvensi ILO 188 untuk Tata Kelola Perlindungan yang Baik (Good Governance) dan HAM pada Pekerja Migran Perikanan Indonesia

Sudiarto, Tatok Djoko and Hasbiyallah, Benni Yusriza and Mangapul, Johnson Montana and Muhammad, Anugerah Akbar and Muchtar, Chelsea and Maukar, Pingkan Ramadhan (2021) Lokalisasi dan Adaptasi: Membedah Rencana Ratifikasi Konvensi ILO 188 untuk Tata Kelola Perlindungan yang Baik (Good Governance) dan HAM pada Pekerja Migran Perikanan Indonesia. Project Report. Universitas Paramadina, Jakarta.

[img]
Preview
Text
04 Paper_Ratifikasi KILO 188.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Dengan menggunakan konsep Acharya tentang difusi dan lokalisasi norma, penelitian ini menggali rencana pemerintah Indonesia untuk meratifikasi konvensi Organisasi Buruh Internasional (ILO) 188 (KILO 188) tentang perlindungan anak buah kapal (ABK) perikanan. Penelitian ini berpendapat bahwa pemerintah Indonesia cenderung melokalisasi KILO 188 ke dalam peraturan nasional berdasarkan pertimbangan domestik, dari pada langsung meratifikasi konvensi. Dengan menggunakan wawancara mendalam dan metode FGD, penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, untuk membingkai urgensi ratifikasi, penelitian menemukan bahwa aktor negara dan aktor non-negara menggunakan isu pelanggaran HAM Anak Buah Kapal (ABK) migran perikanan Indonesia dan kurangnya tata kelola regulasi untuk melindungi ABK migran. Kedua, kecenderungan pemerintah Indonesia untuk mencangkok dan melokalisasi konvensi didorong oleh kepentingan untuk melegitimasi tindakan politik mereka di dalam negeri dan untuk menghindari tanggung jawab langsung sebagai anggota dari KILO 188.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Hubungan Internasional-S1
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 11 Aug 2021 11:27
Last Modified: 11 Aug 2021 11:27
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item