Analisis Bauran Pemasaran Universitas Paramadina (Studi Empiris Mahasiswa D3 dalam Melanjutkan S1)

Utami, Aisya Sintoresti (2020) Analisis Bauran Pemasaran Universitas Paramadina (Studi Empiris Mahasiswa D3 dalam Melanjutkan S1). Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa.

[img]
Preview
Text
Karya Ilmiah Aisya 118108046.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Strategi bauran pemasaran dalam menarik minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi penting dilakukan pada institusi pendidikan tinggi khususnya bagi perguruan tinggi yang membuka kelas Paralel dimana tidak memiliki batasan usia sebagai syarat untuk mendaftar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bauran pemasaran Universitas Paramadina dengan studi empiris mahasiswa D3 dalam melanjutkan S1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif, dengan menggunakan jenis convenience sampling dimana pemilihan informan dilakukan berdasarkan pertimbangan kemudahan peneliti seperti; menyesuaikan dengan waktu, tenaga dan biaya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif eksploratif dengan hal yang akan di deskriptifkan pada penelitian ini adalah hasil analisis wawancara atas tanggapan yang diberikan oleh empat responden pada setiap dimensi bauran pemasaran 7P, mulai dari Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, dan Process terhadap apa saja dan bagaimana keputusan mereka untuk melanjutkan jenjang studi Strata 1 di Universitas Paramadina. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa secara keseluruhan Universitas Paramadina telah melakukan strategi bauran pemasaran jasa pendidikan yang berdampak pada adanya minat dan keputusan mahasiswa lulusan Diploma 3 untuk melanjutkan jenjang studi Strata 1 di Universitas Paramadina. Dengan keunggulan yang telah diakui sesuai tanggapan dari masing - masing responden yaitu terdapat pada dimensi Place dalam aspek lokasi strategis dan kemudahan akses menuju kampus, serta pada dimensi Process dalam aspek pelayanan akademik dan proses administrasi. Universitas Paramadina dapat meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh seluruh sumber daya yang berperan di Universitas Paramadina dan memperlengkap fasilitas penunjang sebagai upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari Visi dan Misi Universitas.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:44
Last Modified: 26 Oct 2020 06:44
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item