Pengaruh Pembelajaran Kurikulum ASWAJA Terhadap Ideologi Keagamaan Mahasiswa di STISNU Nusantara Tangerang

Hasan, Fuad and Hidayatullah, Taufik Pengaruh Pembelajaran Kurikulum ASWAJA Terhadap Ideologi Keagamaan Mahasiswa di STISNU Nusantara Tangerang. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa.

[img] Text
Karya Ilmiah Fuad Hasan_221141006.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kurikulum Aswaja terhadap ideologi keagamaan mahasiswa di kampus STISNU Nusantara Tangerang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Data primer didapat dari observasi dan hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai buku dan jurnal ilmiah. Penelitian ini didasarkan pada teori “Ideologisasi Ilmu Pengetahuan dan Hegemoni Kepentingan, dari Michael Apple. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dari Kurikulum Aswaja memiliki potensi yang kuat untuk membentuk ideologi keagamaan mahasiswa menjadi ideologi yang positif secara sikap dan kognisi. Hal ini ditunjukkan oleh sejumlah indikasi yang mencakup pemahaman yang kokoh terhadap ajaran Islam, pengembangan sikap toleransi dan inklusivitas, penolakan terhadap ekstremisme, serta penerapan kemampuan berpikir kritis oleh mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Islam Madani-S2
Depositing User: Sofiyan SSI Sauri
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:00
Last Modified: 21 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item