Konsep Manajemen Pendidikan Pesantren Muadalah (Studi Kasus: Pesantren Muadalah 'Ashriyah Az-Zikra Bogor)

Syaban, Julfikar Ali (2024) Konsep Manajemen Pendidikan Pesantren Muadalah (Studi Kasus: Pesantren Muadalah 'Ashriyah Az-Zikra Bogor). Artikel Karya ilmiah Mahasiswa.

[img] Text
Jurnal Konsep Manajeman Pendidikan Pesantren Muadalah `Ashriyah.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang dimaksud manajemen Pendidikan pesantren, bagaimana konsep manajemen Pendidikan di Pesantren muadalah `Ashriyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dalam investigasi ini data yang akan dikumpulkan adalah Manajemen Pendidikan Pesantren Muadalah `Ashriyah. Metode penelitianya studi kasus, dimana peneliti ingin mengupas secara komprehensif terhadap Manajemen Pendidikan Pesantren Muadalah `Ashriyah. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah merupakan data utama yang digunakan peneliti konsep pedidikan Pesantren muadalah yang telah dilakukan proses digitalisasi dan observasi langsung ke Pesantren `ashriyah Az-Zikra bogor. Sedangkan sumber data sekunder adalah data penelitian yang diperoleh melalui perantara serta memiliki fungsi sebagai data pendukung penelitian, artinya peneliti tidak mendapatkan data secara tidak langsung. Dimana, sumber data ini nantinya diperoleh dari buku-buku ataupun penelitian terdahulu yang memiliki relevansi dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen pendidikan pondok pesantren modern AzZikra Gunung sindur Bogor mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, di mana perencanaan menjadi acuan bagi fungsi manajemen yang lain, yaitu pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Islam Madani-S2
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:21
Last Modified: 16 Feb 2024 09:21
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item