Pola Interaksi Anak dan Orang Tua Dalam Proses Belajar di Masa Covid 19

Ajie, Kresna Amarta (2024) Pola Interaksi Anak dan Orang Tua Dalam Proses Belajar di Masa Covid 19. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa.

[img] Text
POLA INTERAKSI ANAK DAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DI MASA COVID 19.pdf

Download (617kB)

Abstract

Meluasnya wabah virus corona di Indonesia telah membuat pemerintah menetapkan seluruh aktivitas harus dilakukan di rumah, termasuk belajar. Membuat anak-anak didampingi oleh para orang tuanya selama pembelajaran di rumah. Hubungan antara orang tua dan anak selama proses pembelajaran di rumah membuat mereka semakin dekat. Selain itu, terdapat pula konflik dalam hubungan orang tua dan anak ini. Mereka mengembangkan suatu dialektika ketidaksepakatan mengenai proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan fenomenologi untuk menganalisis hubungan dialektika antara orang tua dan anak dalam proses pembelajaran keluarga di Kampung Tengah Kramat Jati Jakarta Timur pada masa epidemi COVID-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialektika relasional dan teori hubungan keluarga. Yang diwawancarai adalah orang tua khususnya ibu-ibu yang memiliki anak kelas 2-3 SD. Saat belajar bersama anaknya, mereka juga sibuk mengurus pekerjaan rumah. Temuan ini merupakan hasil dialektika yang muncul dari kesenjangan tanggung jawab, harapan dan persepsi antara ibu dan anak. Realitas hubungan mereka penuh dengan kontradiksi, karena ibu cenderung pemurung dan anak cenderung kacau dan manja.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Ilmu Komunikasi-S2
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:02
Last Modified: 22 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item