REPRESENTASI KONSUMERISME DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS DAMPAK FOMO TREND LABUBU)

Syifaunisa, alisa and zarkasih, Hafist Subchan and Citrawati, Citrawati and Erik ardiyanto, Erik ardiyanto (2024) REPRESENTASI KONSUMERISME DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS DAMPAK FOMO TREND LABUBU). Jurnal Mufakat, 3 (2). pp. 207-217. ISSN 2986-609X

[img] Text
Jurnal Mufakat (repository).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/articl...

Abstract

Budaya konsumerisme secara umum dimaknai sebagai pola pikir dan gaya hidup yang mementingkan konsumsi barang dan jasa sebagai cara utama untuk mencapai kepuasan, identitas, dan status sosial. Fenomena budaya konsumsi mencakup berbagai aspek yang mencerminkan bagaimana konsumsi barang dan jasa mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan FOMO Lububu secara mendalam dan detail dengan menggunakan pendekatan AISAS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti melakukan observasi dan dokumentasi pada media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan lima tahapan dalam proses pengambilan keputusan bagi pengguna Instagram sebagai calon pelanggan FOMO Labubu. Tahap pertama yaitu Attention merupakan bentuk perhatian yang dilihat dari postingan seorang influencer bernama Lisa Blackpink. Tahap kedua yaitu Interest, menunjukkan ketertarikan atau antusiasme beberapa pengguna Instagram terhadap boneka labu. Tahap ketiga adalah pencarian; Pada tahap ini, pengguna Instagram dan calon konsumen berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Labubu. Selanjutnya, tahap keempat adalah tindakan. Pada tahap ini calon konsumen akan menentukan perilakunya dalam melakukan proses pembelian atau tidak; Mereka yang memutuskan untuk membeli labu kuning akan melakukan beberapa tindakan untuk mendapatkan produk tersebut berdasarkan informasi yang telah mereka kumpulkan sebelumnya. Terakhir, bagikan. Pada tahap ini, konsumen akan berbagi pengalaman mereka secara keseluruhan dalam mendapatkan labu tersebut, dan unggahan atau postingan mereka juga dapat mempengaruhi calon konsumen lainnya untuk melakukan hal serupa.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Ilmu Komunikasi-S1
Depositing User: Mr. Septiawan Jiwandono
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:08
Last Modified: 20 Jan 2025 02:08
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item