Pengaruh Dinamika Komunikasi Kelompok Terhadap Kepuasan Peserta Pendidikan dan Pelatihan: Suatu Studi Penelitian Tentang Pengaruh Dinamika Komunikasi Kelompok Terhadap Kepuasan Peserta Pendidikan dan Pelatihan BUMN Bidang Jasa di Kotamadya Bandung

Sudarmanti, Rini Pengaruh Dinamika Komunikasi Kelompok Terhadap Kepuasan Peserta Pendidikan dan Pelatihan: Suatu Studi Penelitian Tentang Pengaruh Dinamika Komunikasi Kelompok Terhadap Kepuasan Peserta Pendidikan dan Pelatihan BUMN Bidang Jasa di Kotamadya Bandung. [Kinerja Dosen]

[img]
Preview
Text
Tesis Rini Sudarmantii.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena kebutuhan sumber daya manusia yang tangguh dan handal dalam menghadapi perubaban era globalisasi sekarang ini. BUMN di Indonesia, terutama yang bergerak di bidang jasa, umumnya telah mengupayakannya dengan mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan secara berkelompok. Namun pada kenyataannya kebutuhan tersebut seakan belum terpenuhi. Ada dugaan hal ini disebabkan karena kelompok pendidikan pelatihan tersebut belum mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Hal ini terbukti dari masih banyaknya keluhan-keluhan yang disampaikan konsumen terhadap pelayanan BUMN jasa tersebut. Kelompok pendidikan pelatihan bersifat didaktis dan dibentuk berdasarkan situasi kebersamaan, dimana antara peserta yang satu dengan yang lainnya tidak saling mengenal sebelumnya. Idealnya suatu kelompok akan bekerja bila para pesertanya saling berkomunikasi satu sama lain sehingga terbina suatu interaksi yang mendukung tujuan kelompok. Bila peserta merasa puas bergabung di dalam kelompok, maka ia akan lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan sehingga pada akhirnya akan terbentuk SDM yang diharapkan. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada pengaruh dinamika komunikasi kelompok terhadap kepuasan peserta kelompok pendidikan dan pelatihan BUMN bidang jasa di Kotamadya Bandung. Penelitian ini menelaah 3 (tiga) variabel yaitu karakteristik kepribadian dan struktur kelompok sebagai variabel eksogenus, interaksi kelompok sebagai variabel antara; dan kepuasan peserta sebagai variabel endogenus. Sampel penelitian diambil dengan cara muiti stages cluster sampling. Sampel tahap pertama dilakukan dengan mengambil secara random 3 (tiga) dari populasi BUMN jasa di Kotamadya Bandung. BUMN tersebut adalah PT Pos Indoensia (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sampel selanjutnya diambil berdasarkan ukuran sampel minimal dalam kurun waktu bulan Juli- November 2000. Hasil uji hipotesis penelitian dengan bantuan analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh variabel kepribadian dan struktur kelompok terhadap kepuasan peserta kelompok lemah namun berarti. Sedangkan pengaruh kedua faktor tersebut terhadap interaksi kelompok sangat lemah sekali sehingga dapat diabaikan.

Item Type: Kinerja Dosen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Ilmu Komunikasi-S2
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:50
Last Modified: 05 Oct 2022 07:50
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item