Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Pengusaha Dalam Pemberdayaan Perempuan Pekerja (Suatu Tinjauan Komunikasi Kepemimpinan Secara Sosiologis Tentang Lima Belas Perempuan Pengusaha Dalam Pemberdayaan Perempuan Pekerja di Kota Bandung)

Sudarmanti, Rini Komunikasi Kepemimpinan Perempuan Pengusaha Dalam Pemberdayaan Perempuan Pekerja (Suatu Tinjauan Komunikasi Kepemimpinan Secara Sosiologis Tentang Lima Belas Perempuan Pengusaha Dalam Pemberdayaan Perempuan Pekerja di Kota Bandung). [Kinerja Dosen]

[img]
Preview
Text
Disertasi Rini Sudarmanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial komunikasi kepemimpinan perempuan pengusaha ketika memberdayakan perempuan pekerjanya. Subjek dari penelitian ini adalah 15 orang perempuan pengusaha yang berlokasi dan menjalankan inti bisnisnya di Kota Bandung. Penelaahan fenomena yang diteliti ditinjau dari sudut perspektif interpretif naturalistik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Data itu kemudian dianalisa berdasarkan kesepakatan intersubjektif antara subjek penelitian yang kemudian dicek ulang melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek penelitian memiliki latar belakang sosio historis. Pemaknaan terhadap realitas beragam itu mempengaruhi komunikasi kepemimpinannya. Budaya patriarkhi masih tetap tetap terlihat mewarnai pandangan subjek penelitian ketika mempertimbangkan tindakan komunikasi kepemimpinannya dalam memberdayakan pekerja perempuannya. Pada level pemberdayaan yang paling sederhana, terdapat dua pendekatan yaitu organisasi sosial, yang menekankan pada pembangkitan kesadaran atas eksistensi diri, dan transfer ketrampilan. Lebih banyak subjek penelitian yang menekankan pada pemberdayaan berdasarkan pendekatan pertama daripada kedua. Selain itu dari hasil ekstraksi penelitian juga dapat diklasifikasikan empat model area kecenderungan komunikasi kepemimpinan perempuan pengusaha memberdayakan perempuan pekerjanya. Ada baiknya dilakukan penelitian lanjutan agar model tersebut dapat digeneralisasi. Untuk memberdayakan perempuan pekerja, perempuan pengusaha pun perlu mengembangkan kecakapannya berkomunikasi dengan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya seperti senang mengayomi orang lain dan kemampuannya membagi konsentrasi untuk melakukan berbagai pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Selain itu perlu dilakukan evaluasi sinergi perangkat pemerintah dalam program pemberdayaan perempuan yang disusun dalam suatu peraturan perundang-undangan yang mengatur pemberdayaan perempuan sehingga tidak hanya sekedar himbauan saja.

Item Type: Kinerja Dosen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Ilmu Komunikasi-S2
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:55
Last Modified: 05 Oct 2022 07:55
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item