PENGARUH TAYANGAN POLITICTAINMENT DI TELEVISI PADA PERSEPSI DAN KEHENDAK POLITIK KHALAYAK

revolusi, Prabu (2018) PENGARUH TAYANGAN POLITICTAINMENT DI TELEVISI PADA PERSEPSI DAN KEHENDAK POLITIK KHALAYAK. Prosiding KNP2K 2018. pp. 90-100. ISSN 2622-7207

[img]
Preview
Text
KNP2K _Prabu.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Proceeding-Penelitian-KNP2K-FIX.pdf

Download (34MB) | Preview
Official URL: https://lspr.edu/lppm/wp-content/uploads/2018/10/P...

Abstract

Program televisi berita politik semakin berkembang di Indonesia. Tema dan pengemasannya sudah semakin berani, kritis, lugas dan kreatif. Berita politik tak saja hanya disajikan dalam bentuk dialog normatif, tetapi juga berani menggunakan pengemasan yang menggelitik, humor, memancing perdebatan yang riuh hingga pesan satir. Berita politik yang menggunakan unsur hiburan dalam pengemasannya disebut sebagai Politictainment. Saat ini berbagai program Politictainment hadir menghiasi layar televisi berita. Pengemasan politik yang menghibur ini bagi ruang redaksi adalah sebuah keniscayaan, untuk berebut persaingan rating dan share antara televisi berita. Kenyataannya, tayangan Politictainment memang lebih disukai khalayak, karena lewat cara ini politik dinilai lebih mudah dipahami, menghibur dan menyenangkan. Ruang redaksi ketika memproduksi program tayangan politik, termasuk tayangan Politictainment, selain untuk menjawab persaingan industri, selalu menyertakan tujuan idealisnya, yaitu untuk membuat khalayak lebih tertarik dalam memahami dan meningkatkan partisipasi politik. Namun pertanyannya adalah, apakah dengan meningkatnya ketertarikan publik terhadap Politictainment maka serta merta juga akan memberikan pengaruh positif terhadap kesadaran dan sikap berpolitik khalayak di Indonesia. Apakah tujuan idealis program berita politik untuk meningkatkan kesadaran dan sikap politik khalayak berhasil dicapai melalui produksi program Politictainment. Eksperimen dilakukan terhadap 44 responden usia muda (15 – 30 tahun) yang memberikan penilaiannya lewat angket skala Likert. Dari hasil analisa uji T yang membandingkan mean yang mengukur skala persepsi dan kehendak responden pada setiap kategori, didapatkan bahwa tayangan Politictainment memang meningkatkan pengetahuan responden pada suatu topik politik, namun juga berpengaruh dalam mengurangi persepsi dan kehendak positif politik khalayak. Setelah menyaksikan tayangan Politictainment, rata-rata responden memiliki persepsi dan kehendak politik yang semakin negatif. Semakin tinggi mean sikap awal dari persepsi dan kehendak politik responden, semakin tinggi juga pergeseran mean persepsi dan kehendak politik responden ke arah yang lebih negatif. Kata Kunci: Politictainment (Politic Entertainment), Tayangan Televisi Politik, Pengaruh, Persepsi, Kehendak

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Ilmu Komunikasi-S1
Depositing User: Mrs Meidya Farahdiba
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:36
Last Modified: 24 Nov 2022 01:36
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item