Oktaviani, Gissa Aulia and Lillah, Ismi (2022) Pengaruh Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP PGRI 9 Jakarta. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa.
|
Text
Jurnal Gissa Aulia dan Ismi Lillah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Covid-19 menjadi pandemik global yang penyebarannya begitu mengkhawatirkan. Akibatnya pemerintah harus bekerja sama untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan agar seluruh warga masyarakat untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak. Pemerintah melalukan sistem “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)” dengan menggunakan Virtual Class, dimana siswa tetap membutuhkan kondisi yang kondusif untuk menjalankan sistem ini guna meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menentukan adanya hubungan antara Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP PGRI 9 Jakarta dengan populasi semua siswa SMP PGRI 9 Jakarta dan jumlah sampel sebesar 45 responden yang didapatkan dengan metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan desain penelitian yang digunakan yaitu bersifat kuantitatif dengan metode survey research. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Media Pembelajaran Virtual Class terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP PGRI 9 Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga memberikan informasi tambahan pemilihan media virtual class dimana harus mencakup ketiga aspek penting indikator alat ukur Media Pembelajaran Virtual Class agar mendukung aspek-aspek untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang lebih baik selama pandemik covid-19 dimana Pemerintah telah menetapkan sistem pembelajaran daring.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Falsafah dan Peradaban > Psikologi-S1 |
Depositing User: | Mr Aditio Setyawicaksono |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:24 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:24 |
URI: | http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |