Gambaran Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Anak Remaja Awal di Masa Pandemi Covid-19

Hayati, Adis Azim and Nabila, Sharen (2022) Gambaran Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Anak Remaja Awal di Masa Pandemi Covid-19. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa.

[img]
Preview
Text
KTI_Adis_ Sharen-Full.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Game online mengalami perkembangan yang begitu pesat seiring dengan perkembangan yang dialami oleh teknologi internet. Game online dapat dimainkan oleh segala usia dan segala jenis kelamin yang memiliki akses untuk bermain game online. Perilaku bermain game online secara berlebihan dapat mengarahkan kepada adiksi game online, yang juga akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan pemainnya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut dan memperdalam mengenai kecenderungan adiksi game online yang dialami oleh anak remaja awal di masa pandemi covid-19. Penelitian ini melibatkan 2 orang subjek yang merupakan anak remaja awal yang sedang berada di tengah-tengah masa pandemi covid-19 dan juga 2 orang informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara terhadap kedua subjek dan dua orang informan. Dari hasil wawancara yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kecenderungan adiksi game online pada anak remaja awal sesuai dengan aspek-aspek kecenderungan adiksi game online yaitu salience, tolerance, mood modification, withdrawal, relapse, conflict dan problem. Serta terdapat beberapa faktor yang mendorong kecenderungan adiksi game online pada anak remaja awal yaitu karena masa pandemi covid-19 yang mengharuskan kedua subjek untuk melakukan aktivitas dari rumah masing-masing.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Psikologi-S1
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:25
Last Modified: 28 Nov 2022 04:25
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item