KEMISKINAN DALAM TAYANGAN TV INDONESIA

Atika Budhi, Utami KEMISKINAN DALAM TAYANGAN TV INDONESIA. Jurnal Konvergensi : Jurnal Ilmiah Komunikasi. ISSN 2528-0546 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KEMISKINAN DALAM TAYANGAN TV INDONESIA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Media televisi merupakan media yang paling banyak ditonton oleh masyarakat. Tidak hanya terkait teknologi, televisi telah memikat orang dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Beragam acara televisi pun telah banyak diciptakan baik oleh rumah produksi maupun oleh pekerja media stasiun televisi sendiri. Di antara program acara tersebut, reality show merupakan program acara yang banyak mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat. Reality show pun mempunyai beraneka genre yang mengangkat tema tertentu. Salah satu tema yang banyak dijumpai adalah reality show yang menampilkan sisi gelap kehidupan manusia yaitu kemiskinan. Kemiskinan pada acara reality show televisi telah banyak dimanipulasi untuk kepentingan bisnis atau disebut komodifikasi kemiskinan. Komodifikasi (seringkali disalahartikan sebagai komersialisasi) merendahkan nilai otentiknya menjadi terlalu sederhana serta komoditas (Storey: 2015). Tulisan ini merupakan kajian literatur tentang komodifikasi kemiskinan yang bertujuan untuk menggambarkan komodifikasi kemiskinan di acaraacara reality show televisi Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Ilmu Komunikasi-S1
Depositing User: Mr. Septiawan Jiwandono
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:06
Last Modified: 22 Dec 2022 07:06
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item