MASYARAKAT SEBAGAI KORBAN SEKALIGUS PELAKU DALAM KORUPSI DI SEKTOR PELAYANAN PUBLIK

Issa Sofia, Asriana MASYARAKAT SEBAGAI KORBAN SEKALIGUS PELAKU DALAM KORUPSI DI SEKTOR PELAYANAN PUBLIK. Documentation. Universitas Paramadina.

[img]
Preview
Text
Penelitian Masyarakat sebagai Korban Utama dan Pelaku Korupsi _AIS.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Kasus-kasus korupsi di Indonesia di dominasi oleh korupsi di sektor publik , termasuk pelayanan publik (public service delivery) dimana masyarakat berinteraksi langsung dengan pelaksana pelayanan publik, Diidentifikasi adanya dua sisi koin terkait kedudukan masyarakat dalam praktik korupsi di sektor ini. Pertama, kurangnya kesadaran (awareness) sebagian masyarakat bahwa mereka merupakan korban utama, karena tidak merasakan secara kangsung dampak dari korupsi tersebut. Kedua, kurangnya kesadaran masyarakat akan kontribusi keterlibatan mereka dalam praktik-praktik korupsi yang sering mereka keluhkan. Kedua keadaan tersebut turut melanggengkan terjadinya praktik korupsi tersebut terus-menerus baik korupsi besar maupun korupsi kecil. Penelitian ini menganalisa dan memetakan kedudukan masyarakat sebagai korban utama maupun sebagai pelaku dari korupsi di sektor pelayanan publik. Hasil penelitian adalah pemetaan tersebut, yang dapat menjadi dasar argumen untuk menjadikan masyarakat sebagai kelompok sasaran dalam pencegahan korupsi. Kata kunci : korupsi, pelayanan publik, masyarakat, korban, pelaku

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Hubungan Internasional-S1
Depositing User: Mr Sudarmawan Sudarmawan
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:37
Last Modified: 13 Oct 2020 02:37
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item