Dampak Program Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi KPK terhadap Kompetensi Penyuluh Antikorupsi : Success Stories PAKSI Pendidik, APIP dan Komunitas

Sofia, Asriana Issa and Hendrowati, Retno (2022) Dampak Program Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi KPK terhadap Kompetensi Penyuluh Antikorupsi : Success Stories PAKSI Pendidik, APIP dan Komunitas. Project Report. Universitas Paramadina.

[img] Text
laporan riset evaluasi program sertifikasi PAKSI KPK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi baru 3 Pronged Strategy (strategi Trisula) yang digunakan KPK dalam memberantas korupsi menempatkan pendidikan sebagai sebuah strategi terpisah dan dirancang dengan baik, didukung dengan pengembangan kelembagaan dan instrumen di dalam KPK. KPK memprakarsai peran Penyuluh Antikorupsi (PAKSI), yang saat ini sudah mencapai lebih dari 2000-an orang lintas wilayah dan profesi. Kompetensi Penyuluh Antikorupsi yang terstandarisasi secara nasional dibentuk melalui program Sertifikasi, yang selanjutnya ditingkatkan dengan program-program capacity building. Setelah berjalan beberapa tahun, perlu diketahui bagaimana dampak atau keberlanjutan penyuluhan antikorupsi yang dilakukan oleh para PAKSI? Maka penting untuk melakukan evaluasi dampak program Sertifikasi terhadap kompetensi dan aktifitas Penyuluh Antikorupsi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terhadap tiga kelompok Penyuluh Antikorupsi dari kalangan Pendidik, APIP, dan Komunitas, dan menganalisisnya dengan menggunakan teori Kirkpatrick’s Model Of Learning Evaluation. Hasil pene;itian ini menyimpulkan bahwa program Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi efektif dan sukses dalam mendukung peningkatan kompetensi dan aktifitas Penyuluh Antikorupsi di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Falsafah dan Peradaban > Hubungan Internasional-S1
Depositing User: Sofiyan SSI Sauri
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:50
Last Modified: 30 Apr 2024 07:50
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item