Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kepercayaan Merek dan Kepuasan Merek (Studi Kasus Pada Tokopedia)

Amri, Riska Aulia (2021) Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kepercayaan Merek dan Kepuasan Merek (Studi Kasus Pada Tokopedia). Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa.

[img]
Preview
Text
Karya Ilmiah Riska - 116108027.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Wu dan Lin (2014), penelitian dilakukan di wilayah Jabodetabek melibatkan 155 responden yang belanja di aplikasi Tokopedia. Perkembangan tanggung jawab sosial perusahaan, kepercayaan merek dan kepuasan merek di Indonesia menjadi latar belakang penelitian ini.Penelitian ini menggunakan metode pengujian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kepercayaan merek dan kepuasan merek pada Tokopedia. Variabel tanggung jawab sosial terdiri dari empat variabel, yaitu; tanggung jawab sosial ekonomi, tanggung jawab sosial hukum, tanggung jawab sosial etis, dan tanggung jawab sosial filantropi. Temuan penelitian ini adalah bahwa tanggung jawab sosial ekonomi, tanggung jawab sosial etis dan tanggung jawab sosial filantropi berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek dan kepuasan merek, sedangkan tanggung jawab sosial hukum tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek dan kepuasan merek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan khususnya tanggung jawab sosial ekonomi, tanggung jawab sosial etis dan tanggung jawab filantropi memiliki pengaruh yang signifikan dalam upaya membangun kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap merek.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Mr Aditio Setyawicaksono
Date Deposited: 14 Jan 2022 00:07
Last Modified: 14 Jan 2022 00:07
URI: http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item